Skip to main content

Silabus Materi Training ITIL v.3 Foundation di Indonesia , Bandung

Silabus Materi Training ITIL v.3 Foundation

ITIL v.3 Foundation
Durasi : 7 jam x 3 Hari (21 Jam)

Deskripsi : ITIL atau Information Technology Infrastructure Library adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI. Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.

Walaupun dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an, penggunaan ITIL baru meluas pada pertengahan 1990-an dengan spesifikasi versi keduanya (ITIL v2) yang paling dikenal dengan dua set bukunya yang berhubungan dengan ITSM (IT Service Management), yaitu Service Delivery (Antar Layanan) dan Service Support (Dukungan Layanan).

Pada 30 Juni 2007, OGC menerbitkan versi ketiga ITIL (ITIL v3) yang intinya terdiri dari lima bagian dan lebih menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi informasi. Dan kini telah diterbitkan juga ITIL v3 Foundation 2011 dengan ada beberapa perbaikan pada diagram dan konsep sekalipun masih bersifat sama dalam hal pemahaman. Kelima bagian tersebut adalah:

1. Service Strategy
2. Service Design
3. Service Transition
4. Service Operation
5. Continual Service Improvement

Tujuan Training : Peserta mampu memahami konsep dari pengelolaan IT berbasis layanan (IT Service Management) berdasarkan framework IT Infrastructure Library (ITIL) versi 3. Beserta tambahan skenario studi kasusnya dan implementasi menggunakan ITSM software simulation

Peserta dapat melakukan analisis studi kasus ITIL dalam organisasi / perusahaannya baik secara team work atau perorangan

Peserta mengerti tahapan serta metodologi dalam mengimplementasikan konsep ITIL pada suatu organisasi / perusahaan berdasarkan prinsip dan model continual improvement yang terdapat dalam pelatihan

Target Peserta : - IT Manager
- IT Drector
- IT Infrastructure Staff
- Direksi

Prasyarat : - Telah memahami kebutuhan IT Infrastruktur dalam perusahaan
- Memiliki basic skill atau pengetahuan di bidang IT.

Materi Training :

 Day 1
Introduction

The Four Perspectives (Attributes) of ITSM

Benefits of ITSM

Business and IT Alignment

What is ITIL®?

Common Terminology

What are Services?

Processes & Functions
Defining Processes

Defining Functions
Connecting Processes and Functions

The Service Lifecycle

Mapping the Concepts of ITIL® to the Service Lifecycle

How does the Service Lifecycle work?

Service Strategy

Major Concepts
Creating Service Value
Service Packages and Service Level Packages

Service Strategy Processes
Service Portfolio Management
Financial Management

Demand Management

Service Strategy Summary
Interfaces with the Service Design Phase

Interfaces with the Service Transition Phase
Interfaces with the Service Operation Phase
Interfaces with the Continual Service Improvement Phase

Service Strategy Service Scenario
Overall Service Strategy
Service Portfolio Management Considerations

Financial Management Considerations
Demand Management Considerations

 Day 2
Service Design

Major Concepts
Five Major Aspects of Service Design
Service Design Packages

Service Design Processes

Service Level Management
Supplier Management
Service Catalogue Management
Capacity Management

Availability Management
IT Service Continuity Management
Information Security Management

Service Design Scenario

Service Level Management Considerations
Capacity Management Considerations
Availability Management Considerations

Information Security Management Considerations
Service Catalogue Management Considerations
ITSCM Considerations

Supplier Management Considerations

Service Transition

Service Transition Processes

Knowledge Management
Service Asset and Configuration Management
Change Management
Release and Deployment Management

Service Validation and Testing

Service Transition Summary

Service Transition Scenario

Knowledge Management Considerations
Service Asset and Configuration Management Considerations
Change Management Considerations

Release and Deployment Management Considerations
Service Validation and Testing Considerations

Service Transition Review Questions

Service Operation

Service Operation Functions
The Service Desk

Technical Management
IT Operations Management
Application Management

Service Operation Processes

Event Management
Incident Management
Problem Management
Request Fulfillment

Access Management

Service Operation Scenario
Functions

Processes

Service Operation Review Questions

 Day 3

Continual Service Improvement

Continual Service Improvement Processes
Service Level Management
Service Measurement and Reporting
CSI ( Step) Improvement Process

Continual Service Improvement Summary

Continual Service Improvement Scenario
Service Level Management
Service Measurement and Reporting

CSI Process

Continual Service Improvement Review Questions
ITIL® Foundation Exam Tips

Exam Details

Practical Suggestions

Certification

ITIL® Certification Pathways

ISO/IEC Pathways

Hubungi :
SISINDOTEK - IT Training & Solution Provider
Jl. Sukasenang VI-6B Bandung - Jawa Barat 40124
Tel. 022-71242266 , SMS. 0812.8733.1966
info , YM. sisindotek
www.sisindotek.com , facebook.com/sisindotek , twitter.com/sisindotek

Comments

Popular posts from this blog

Tahun Baru 2019 , Tahun Penuh Doa menuju kebahagiaan

  Di tengah keprihatinan akan terjadinya musibah Tsunami di Tanjung Lesung Banten 23 Des 2018. Kami dari tim manajemen dan stafff PurnamaAcademy.com mengucapkan selamat natal dan Tahun Baru 2019 semoga kita dapat mengambil hikmah atas setiap bencana alam yang terjadi serta membuka lembaran baru di tahun 2019 dengan doa dan memohon ampun kepada Tuhan YME atas segala dosa yang telah kita lakukan agar kiranya tidak ada lagi bencana bencana di tahun 2019 dan kedepannya Regards, HERY PURNAMA CEO Purnama Academy www.purnamaacademy.com IT and Management Training Center Bandung - Jakarta - Bali - Batam

Cara Setting Blogspot ke dot.tk

Cara Setting blogspot ke domain dot.tk (free domain) , Thank to mas Difa Dikutip dari blog mas difa Buat teman - teman yang belum mengerti dan ingin tahu silahkan simak artikel ini sampai akhir. Bagaimana cara setting domain blogspot ke dot TK. Perlu diketahui dot TK adalah sebuah layanan yang memberikan jasa untuk domain yang gratis atau free. Setelah sedikit review tentang dot tk sekarang kita menuju bagaimana langkah - langkah mengubah domain blogspot kita ke dot TK. 1. Masuk ke situs dot tk untuk melihat apakah domain yg kita inginkan tersedia atau tidak seperti pada gambar di bawah ini kemudian pilih GO 2. Kemudian masukkan url homepage blog anda pada kolom "Use your domain" dan pilih pilihan forward this domain to. Dan juga jangan lupa untuk memasukkan captcha yang tertera pada gambar dan pilih sign up 3. Pada langkah selanjutnya anda bisa memilih menggunakan akun facebook atau akun email untuk mendaftarkan domain yang anda inginkan. Akan tetapi disini saya akan mene

Laravel Training Purnama Academy

Nov 2018 Purnama Academy 0838-0838-0001 Kursus Laravel Training Center INdonesia, jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Yogya, Palembang kalimantan, surabaya visit www.purnamaacademy.com , Laravel - Online Courses, Classes, Training, Tutorials on Lynda https://www.lynda.com/Laravel-training-tutorials/2779-0.html Learn how to use Laravel, from beginner basics to advanced techniques, with online video tutorials taught by industry experts. Top Laravel Courses Online - Updated November 2018 | Udemy https://www.udemy.com/topic/laravel/ Whether you're interested in developing web apps in the Laravel PHP framework, or building a RESTful API with Laravel, Udemy has a course to help you ... PHP Laravel Framework | Brainmatics.Com brainmatics.com/php-laravel-framework/ Translate this page Laravel merupakan framework PHP yang dirancang untuk membangun situs web ... Pada training ini diharapkan mampu membantu meningkatkan kemampuan ... Dec 3 - Dec 6 Brainmatics Laravel training - Laracasts htt